Cara Penyambungan Pipa HDPE Balikpapan

Cara melakukan penyambungan pipa HDPE Balikpapan adalah hal yang harus diketahui. Selain perlu mengetahui berbagai jenis pipa yang digunakan, mengetahui proses fitting atau penyambungan tidak kalah penting. Karena apabila tidak mengetahui cara penyambungan akan berakibat fatal pada rusaknya jaringan pipa terutama bagian sambungannya. Dan juga akan menyebabkan produk pipa tersebut tidak dapat digunakan secara lama dan harus menggantinya dengan yang baru dalam waktu singkat. Untuk melakukan penyambungan pipa ada beberapa teknik yang bisa dilakukan seperti compression fitting joint, butt fusion joint dan electro fusion joint. Anda bisa memilih salah satu cara tersebut sesuai dengan kebutuhan pemasangan pipa.


Proses penyambungan pipa HDPE paling banyak digunakan yaitu melalui proses pemanasan. Karena sifat material pipa tersebut sangat mudah untuk dilelehkan ketika melalui proses pemanasan. Cara penyambungan pipa HDPE Balikpapan akan dijelaskan sebagai berikut: sebenarnya untuk melakukan proses penyambungan ini sangatlah mudah. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunci pipa menggunakan ragum pipa agar pipa tersebut  tidak akan bergerak. Selantnya lakukan proses penyerutan sehingga menjadi rapi dan juga bisa tersambung dengan tepat. Dan perlu Anda pastikan bentuknya sudah benar dan juga lurus. Apabila sudah benar dan rapi kemudian lakukan proses pemanasan. Proses pemanasan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Apabila sudah panas dan ujung dari pipa meleleh kemudian sambungkan pipa yang satu dengan lainnya. Diamkan sejenak sampai sambungan pipa menjadi dingin dan mengeras.

Ketika melakukan proses penyambungan pipa HDPE Balikpapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti pada diameter pipa yang memiliki tinggi pemanasan berbeda-beda sehingga tekanan panasnya juga berbeda. Tekanan panas untuk pipa dengan diameter yang kecil tentu lebih rendah jika dibandingkan dengan yang ukuran besar. Jangan sampai tekanannya terlalu panas karena akan menyebabkan pipa rusak. Apabila gagal melakukan penyambungan kedua pipa akan lebih baik dipotong dan lakukan proses penyambungan lagi agar hasilnya lebih bagus dan juga rapi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada jaringan saluran pipa. Jadi perhatikan hal tersebut dengan benar dan tepat.